Ujian di Sekolah “Zaman Now”!

Rubrik Pendidikan Oleh

Oleh: Yudhi Kurnia

Dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi saat ini, segala bentuk aktivitas manusia dapat terselesaikan dengan cepat dan akurat. Teknologi yange berkembang saat ini telah mengubah mindset setiap orang penghuni bumi ini. Teknologi sudah mulai merambah tidak hanya di area publik, namun sudah masuk ke ruang-ruang pribadi. Sayangnya teknologi dan kemajuan yang pesat, seringkali di hadapkan kedalam dua dampak , yaitu positif dan negatif. Teknologi seringkali menjadi kambing hitam atas kejadian-kejadian yang bersifat merugikan, sebagai contoh bobroknya akhlak dari generasi muda Indonesia banyak yang menghakimi bahwa itu adalah dampak buruk dari perkembangan teknologi saat ini.

Jika kita mau fair, dampak positif yang dirasakan pada teknologi ini justru semakin banyak lagi dibandingkan dengan dampak negatif yang timbul. Ini artinya bahwa teknologi sebetulnya bisa kita gunakan hanya untuk aktifitas yang positif yang mampu membantu segala macam bentuk pekerjaan manusia.

Salah satu bidang yang betul-betul merasakan dampak positif dari teknologi saat ini adalah pendidikan. Di awali dari kemunculan teknologi komputer dan internet yang massal dan masif, dunia pendidikan terus menerus mengembangkan diri sebagai satu bidang yang ikut larut dalam menghegemoninya kemajuan teknologi saat ini, terutama teknologi komputer dan internet.

Salah satu hal yang sangat di rasakan betul perubahan dalam dunia pendidikan adalah adanya semangat untuk mengurangi penggunaan kertas dalam aktifitasnya. Di mulai dengan melakukan ujian secara online, sekolah-sekolah sudah meninggalkan kertas-kertas sebagai sarana untuk melaksanakan ujian-ujian. Istilah lain mengatakan dunia pendidikan saat ini tengah menuju kepada aktifitas tanpa kertas atau paperless.

Ujian-ujian sekolah saat ini dilaksanakan dalam mode daring, yaitu sebuah mode dimana siswa melakukan ujian berbasis komputer dan gadget. Para siswa melaksanakan ujian dengan melihat layar komputer atau gadget. Siswa membaca, kemudian memilih jawaban yang tepat dari soal yang diberikan hanya dengan melakukan klik saja.

Ujian-ujian berbasis daring mempunyai banyak keunggulan salah satunya adalah kecepatan mengetahui hasil ujian. Guru ataupun pihak sekolah dengan cepat memperoleh hasil ujian melalui mode daring ini. Tidak hanya itu, sistem ujian yang dibuat dan di siapkan akan mampu untuk melakukan analisis terhadap hasil ujian yang telah dilakukan. Sistem mampu memberikan informasi tentang kualitas soal yang dibuat, grafik pencapaian prestasi siswa, rata-rata perolehan nilai dan lain sebagainya. Sehingga dengan menggunakan ujian berbasis komputer ini, sekolah ataupun dinas pendidikan dengan cepat memperoleh hasil ujian.

Hasil ujian yang diperoleh dapat di manfaatkan sebagai data pengembangan pendidikan dimasa depan. Data yang dihasilkan wajib di olah sebagai bahan untuk menentukan arah kebijakan dalam membuat keputusan pendidikan dimasa yang akan datang.

Di samping keuntungan yang menggunung tersebut, teknologi juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah kebergantungan akan energi listrik. Segala macam bentuk kecurangan juga mudah terjadi dalam ujian berbasis teknologi ini. Keamanan data yang harus dimaksimalkan agar data ujian-ujian dapat terproteksi dengan baik.

Dengan ujian berbasis teknologi ini maka, sekolah akan mampu mengurangi penggunaan kertas yang tentunya hanya akan menjadi limbah di kemudian hari. Dana yang digunakan untuk pembelian kertas bisa di alih alokasikan ke pengadaan alat-alat teknologi berbasis komputer. ***

Yudhi Kurnia, S.T., lahir di Tasikmalaya, 18 Agustus 1983. Kini menjadi Pendidik/Humas SMP Muhammadiyah 8 Bandung

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Pendidikan

PAHLAWAN ZAMAN NOW

Oleh Fortin Sri Haryani Pahlawan diartikan sebagai seorang yang telah berjasa, memberikan

PKN DAN NILAI MORAL

Oleh: Salamuddin Uwar (Guru SMP Negeri 7 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara,
Go to Top