Siswa SMPN Satu Atap Riangduli Dilatih Menulis

Rubrik Literasi Oleh

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Sekolah itu berlangsung selama dua hari, Selasa s.d Rabu (12 s.d 13 Desember 2017) ini mengangkat tema “Melalui Gerakan Literasi Kita Tingkatkan Karakter Anak Bangsa.

Siswa akan berkreasi, jika ruang kreativitas itu disiapkan. Bakat dan potensi, yang mereka miliki harus dikembangkan. Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Satu Atap Riangduli, Desa Riangduli, Kecamatan Witihama dilatih Menulis oleh Tim Narasumber dari Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cabang Flores Timur.

SMPN Satu Atap bekerja sama dengan Pemerintah Desa Riangduli, menghadirkan narasumber seperti Maksimus Masan Kian, Ketua Agupena Flotim dalam Materi Gerakan Literasi;Pengurus Agupena, Muhammad Soleh Kadir, membawahkan materi Teknik Menulis Berita Sekolah; dan As’yari Hidayah Hanafi, dalam materi, Teknik Menulis Puisi Melalui Media Gambar.

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Sekolah itu berlangsung selama dua hari, Selasa s.d Rabu (12 s.d 13 Desember 2017) ini mengangkat tema “Melalui Gerakan Literasi Kita Tingkatkan Karakter Anak Bangsa.

Peserta kegiatan adalah siswa SMPN Satu Atap Riangduli dan Warga Belajar Desa Riangduli. Abubakar Tokan Bunga, mewakili Kepala UPTD kecamatan Witihama, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Agupena Flotim yang tak letih letihnya membangun gerakan Literasi di Flotim.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Agupena Flotim yang tak henti hentinya membangun gerakan literasi di Flotim. Di jalan literasi, kita dorong perubahan di daerah kita. Negara, atau daerah, yang literasinya tinggi, kompetisinya juga tinggi. Gerakan ini, dapat meningkatkan kualitas pendidikan, memberantas kebodohan dan juga mengurangi kemiskan. Buat Agupena Flotim, teruskah bergerak dan berbagi,” kata Abubakar Tokan.

Sementara itu, Marselinus Molan Maing,S.Ag, Kepala SMPN Satu Atap Riangduli di sela-sela kegiatan mengatakan, gerakan literasi adalah gerakan bersama olehnya, harus digerakkan secara bersama-sama.

“Hari ini SMPN satu Atap mengundang Agupena Flotim, untuk bersama -sama menggerakan literasi di sekolah. Kami sangat yakin dengan motivasi dan latihan menulis yang didapat anak anak hari ini, akan mendorong mereka untuk terus berkreasi menuangkan pikiran,perasaan dan imajinasi mereka, baik melalui majalah dinding sekolah, maupun buletin dan majalah pendidikan. Kami akan siapkan waktu untuk mengadakan kegiatan yang sama pada waktu waktu yang akan datang, ” Marselinus. (Maksimus Masan Kian)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Literasi

Testimoni Literasi

Oleh: Muhammad Soleh Kadir Literasi adalah gerakan. Dari membaca sampai membangun peradaban.

Rahasia Menulis

Ismail Suardi Wekke STAIN Sorong & Agupena Papua Barat Menulis menjadi keperluan
Go to Top