Launching Buku Kedua Agupena DKI Jakarta

Rubrik Berita/Kegiatan Oleh

Oleh: Dr. Supangat MA
(Ketua Agupena DKI Jakarta)

Sabtu 20 Januari 2018, adalah momen penting ketika para penulis dari Agupena (Asosiasi Guru Penulis Indonesia) DKI Jakarta bertemu dalam kegiatan Launching buku kedua Agupena DKI bertempat di Sekolah Islam An Nahl.

Dalam launching ini dihadiri hampir semua penulis buku yang berjudul Menggagas Pengelolaan SEKOLAH ZAMAN NOW; Kapita Selekta Pemikiran Pendidikan Progresif, yang didominasi oleh para guru sekolah An nahl yang juga bagian dari anggota Agupena DKI Jakarta. Buku ini sebenarnya terbitan yang kedua dari Agupena DKI, dimana yang pertama berjudul MATA PENA; Pemikiran-Pemikiran Tentang Pendidikan Konstruktif, yang sudah tersebar di awal semester pertama keberadaan Agupena DKI, dan alhamdulillah di awal semester kedua ini terbit buku yang kedua.

Buku Menggagas Pengelolaan Sekolah Zaman Now ini, berisi tujuh kelompok tulisan yaitu; Pertama, tentang Issue kontemporer sekolah yang ditulis oleh Iswadi; School of Reasearch, A. Ramdani; Membangun Kultur Sekolah dan Pendidikan di Era Digital, Muhamad Rian Sopian;The Power of Al Quran for The School, Sri Sarjana; Link and Match SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri Ditinjau dari Zaman Old dan Zaman New, Japar Siddiq; Implementasi ISO 9001:2015 di Dunia Pendidikan atau Sekolah. Kedua tentang Marketing sekolah, Yudhi Kurnia; Promoting Is Everything dan Supangat Rohani; Strategi Marketing Sekolah Islam. Ketiga tentang sosok Guru seperti Lukman Hakim; Tentangmu Guru,  Uum Umiati; Guru Motivator, Marsus Efendi; Guru Ideal, Kenapa Tidak, RR.Tri Rizalina RS; Menumbuhkan Semangat Belajar dan Prilaku Baik pada Anak Melalui Komunikasi Orang Tua dan Guru, Edi Sugianto; Guru Senandung Guru. Dewi Safitri Qurnain; Grafologi untuk Guru dan Alvauzi; Harapan Haikal. Keempat tentang Sosok anak didik, Ariza Fahlaivi; Menularkan Virus Membaca: Sebuah pekerjaan Lintas Generasi dan Leni Marlina; Selayang Pandang Perkembangan Anak Usia 6-12 Tahun. Kelima tentang Metode mengajar, Erna Nismayanti; Metode Pembelajaran, Fortin Sri Haryani; Metode Pembelajaran, Syifahayu; Jigsaw dan Penilaiannya dalam Kurikulum 2013, Dini Safitri; Metode Pembelajaran Projek: Kampanye Public Relation. Keenam tentang Monitoring dan evaluasi, In Amullah; Lesson Study Guru Daerah 3T dan Ruri Prasetyowati; Evaluasi Pembelajaran. Ketujuh tentang Sarana sekolah ditulis oleh Awang Darmawan; Menuju Sarpras Sekolah Yang Benilai Tinggi Dan Tepat Guna, dan diakhiri dengan Puisi dari Edi Sugianto; Aku Bukan Generasi Bebek.

Terima kasih pada semua penulis buku kedua ini, dan juga yang hadir dalam launching serta yang terus mendoakan kesuksesan Agupena DKI. Harapan kedepannya, akan muncul buku yang ketiga keempat dan seterusnya, dan juga terus konsistennya Agupena DKI Jakarta untuk menfasilitasi semua guru di kawasan Jakarta untuk menulis, menulis, dan menulis. ***

1 Comment

  1. Assalamualaikum..
    Maaf, mau tanya kl mau ikut jadi anggota disini bagaimana caranya ?
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top