Home » Pendidikan » Ajari Mereka Adab! » 117 views

Ajari Mereka Adab!

Rubrik Pendidikan Oleh

Oleh: Wijaya Kurnia Santoso (Praktisi Pendidikan)

Dunia pendidikan kembali berduka. Siswa SMAN 1 Torjun, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur, berinisial HI kini diamankan polisi setelah menganiaya gurunya, Ahmad Budi Cahyono, hingga meninggal dunia pada Kamis (1/2/2018). HI diamankan jajaran Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Sampang, Jumat (2/2/2018) dini hari di rumahnya.

Pelayat memadati kediaman almarhum guru Budi Cahyono.

Peristiwa ini berawal dari dalam kelas saat korban mengisi pelajaran di kelas. Korban menegur pelaku karena tidak menghiraukan pelajaran yang disampaikan korban. Sampai beberapa kali ditegur, pelaku tetap tidak menghiraukan sehingga terjadi debat antara keduanya. Setelah perdebatan terjadi, pelaku kemudian menganiaya korban.

Tentu hal ini cukup memprihatinkan. Kasus demi kasus tidak hormatnya siswa pada guru ini terjadi di mana-mana. Ke mana adab mereka terhadap ilmu dan guru? Ataukah para guru dan sistem pendidikan tak mampu lagi menjadikan para siswa beradab dan hormat kepada guru-gurunya?

Seorang pelajar tidak akan memperoleh kesuksesan ilmu dan tidak pula ilmunya dapat bermanfaat, selain jika mau mengagungkan ilmu itu sendiri, ahli ilmu, dan menghormati keagungan gurunya. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak memuliakan yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda serta yang tidak mengerti (hak)  orang yang berilmu (agar diutamakan pandangannya)” (HR. Ahmad). Dalam Al-Qur’an disebutkan, “Khidir berkata, jika engkau mengikuti maka janganlah engkau menanyakanku tentang sesuatu apapun, sampai aku menerangkannya” (QS. Al Kahfi : 70). Diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi rahimahullah, Umar bin al-Khatab radhiallahu ‘anhu mengatakan: tawadhu’lah kalian terhadap orang yang mengajari kalian”.

Menjadi PR yang besar bagi guru, sekolah, orang tua, masyarakat dan pemerintah untuk menghadirkan proses pembelajaran yang mampu membentuk kepribadian, akhlaq, moral. Menjadikan para generasi menjadi beradab, bukan bermental bejat. ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Pendidikan

Go to Top