T: Tulisan apa saja yang bisa dipublikasikan di website agupena.or.id?

J: Diutamakan tulisan yang berkaitan dengan tema pendidikan dan literasi (membaca dan menulis), termasuk sastra. Tema-tema tersebut bisa disajikan dalam bentuk esai (opini atau artikel), artikel ilmiah (makalah), ilmiah populer, tinjauan buku (resensi), berita (liputan kegiatan Agupena), fiksi (puisi, cerpen, cerita anak, cerita rakyat, cerita bersambung).

T: Siapa sajakah yang bisa menjadi penulis (kontributor) di website agupena.or.id?

J: Semua pengurus dan anggota Agupena di berbagai tingkatan (pusat, wilayah, dan cabang) bisa, bahkan wajib, menjadi kontributor. Bahkan, relawan penulis yang memiliki minat dan perhatian terhadap dunia pendidikan dan literasi juga bisa menjadi kontributor website sepanjang tulisan yang diangkat sesuai dengan visi dan misi Agupena.

T: Selain mengangkat tema pendidikan dan literasi, hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan oleh kontributor agar tulisan bisa dipublikasikan di website agupena.or.id?

J: Tulisan orisinil yang menyajikan gagasan kreatif, inovatif, inspiratif, dan bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan dan literasi memiliki “nilai jual” yang sangat tinggi dan cepat tayang. Demikian juga halnya liputan kegiatan yang disertai dengan foto-foto pendukung.

T: Selain itu, apalagi yang perlu diperhatikan oleh para kontributor?

J: Ya, unsur kebahasaan, seperti kepaduan paragraf (kohesi dan koherensi), efektivitas kalimat, ketepatan pilihan kata (fiksi), ejaan, dan tanda baca juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan oleh kontributor.

T: Mengapa bahasa jadi faktor yang perlu diperhatikan juga oleh kontributor?

J: Admin memiliki banyak keterbatasan. Sangat mustahil apabila harus mencermati masalah kebahasaan secara rinci. Sebagai organisasi yang bergerak di bidang pendidikan dan literasi, website organisasi juga harus mencerminkan citra dan marwah organisasi dengan mempublikasikan tulisan yang sebisa mungkin terbebas dari berbagai kesalahan fatal. Kita perlu memperhatikan segmen pengunjung website yang kadang-kadang sangat cermat dan jeli dalam hal kebahasaan.

T: Adakah honor buat kontributor yang tulisannya dimuat di website agupena.or.id?

J: Hingga saat ini, kontributor tidak pernah mendapatkan honor. Namun, ada program dari Bidang Usaha dan Jasa Penulisan/Penerbitan untuk menerbitkan tulisan-tulisan dari para kontributor website agupena.or.id menjadi buku kompilasi di bidang pendidikan dan literasi secara berkala, bertahap, dan berkelanjutan.

T: Adakah penghargaan buat kontributor terbaik, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas?

J: Kami sangat menghargai jerih-payah kontributor yang telah menghidupkan website agupena.or.id hingga Agupena menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Namun, hingga saat ini sama sekali belum bisa memberikan honor buat teman-teman kontributor. Oleh karena itu, kami memang mengagendakan program penghargaan buat kontributor yang teknis penilaian dan jenis penghargaannya sedang dalam proses pembahasan.

T: Siapakah yang bertanggung jawab terhadap isi tulisan apabila ada hal-hal yang bisa menimbulkan sikap pro dan kontra?

J: Penulis. Admin hanya bertanggung jawab untuk memublikasikan dan menyunting tulisan dari aspek kebahasaan. Penulislah yang bertanggng jawab terhadap isi tulisan, termasuk jika ada komentar atau pertanyaan dari pengunjung website.

T: Bolehkah tulisan yang dipublikasikan di website ini dipublikasikan ke website atau blog lain?

J: Boleh, dengan catatan harus mencantumkan link (tautan) sumbernya dan harus seizin penulisnya.

(Halaman ini akan di-update secara dinamis sesuai dengan situasi dan kebutuhan)