Rekan-rekan sejawat yang ingin menjadi kontributor tulisan di website agupena.or.id bisa mengirimkan naskahnya melalui sur-el: website@agupena.or.id Naskah tulisan hendaknya berkaitan dengan masalah pendidikan dan literasi sesuai dengan visi dan misi Agupena. Naskah dilengkapi dengan gambar atau foto yang relevan dengan isi tulisan (disertai keterangan gambar atau caption), foto santai, dan biodata penulis: nama lengkap, unit kerja, dan aktivitas organisasi (jika ada). Kontributor agupena.or.id adalah semua pengurus dan anggota Agupena yang tersebar di seluruh wilayah tanah air, atau relawan penulis yang memfokuskan diri pada ranah pendidikan dan literasi.
Daftar Kontributor:
Mahasiswa Pascasarjana The University of Adelaide/Perwakilan Agupena Australia.
Sekretaris II Pengurus Pusat Agupena (Asosiasi Guru Penulis Indonesia).
Dosen Sosiologi Fisip Universitas Dayanu Ikhsanuddin Kota Baubau, Sulawesi Tenggara
Praktisi Teknik Proses Pembelajaran, Penulis Buku, Penulis buku Revolusi Mengajar Berbasis Neurosains, Wakil Ketua AGUPENA DKI Jakarta.
Lahir di Musi Banyu Asin, 01 Januari 1969. Pendidikan S2 Bahasa Indonesia pada Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya tahun 2011. Saat ini penulis sedang melaksanakan tugas perbantuan sebagai guru Sekolah Indonesia KBRI Kuala Lumpur, Malaysia. Aktif menulis di berbagai media baik lokal maupun nasional. Tulisan berupa cerpen dan puisi banyak dimuat surat kabar Sriwijaya Post, Berita Pagi, Sumatera Ekspres, dan majalah remaja Annida. Kini menjadi Ketua II Agupena Pusat.
Pengurus AGUPENA DKI Jakarta, Jurnalis Website Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta
Pengurus AGUPENA DKI Jakarta
Bulqia Mas’ud baru saja menyelesaikan studinya di Monash University, Australia jurusan Master of Education. Penulis menyelesaikan strata satu pada jurusan Sastra Inggris Universitas Hasanuddin, Makassar. Penulis juga pernah menjabat sebagai ketua FLP Makassar (2012-2014). Penulis bisa dihubungi di e-mail: bulqiamasud@gmail.com, FB: Bulqia Mas’ud, dan blog: www.bulqiamasud.com.
Penggiat Sastra dan Guru MAN Model Kota Banda Aceh
Damae Wardani merupakan nama pena dari gadis berkacamata kelahiran lembah Paris Van Java, Siti Dzarfah Maesaroh. Aktif di dunia kata melalui kegiatan blogging, komunitas menulis, dan jurnalistik online.
Dosen D-III Hubungan Masyarakat UNJ, Pengurus AGUPENA DKI Jakarta.
Dosen Luar Biasa di Fakultas Usuluddin dan Filsafat Politik Jurusan Ilmu Aqidah Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Alauddin Samata Kabupaten Gowa.
EDI SUGIANTO (Esug), lahir di Sumenep, 22 September 1989 (28 tahun), dari pasangan H. Abd Lathif dan HJ. Holifah. Lulus SD Gedugan I (1996-2001), MTs Al-Hasan Somber Giligenting (2002-2004). TMI Al-Amien Islamic Boarding School, Sumenep Madura (2005-2008), S1- Universitas Muhammadiyah Jakarta (2009-2013). Kegemaran menulis dimulai sejak nyantri di Pesantren Al-Amien. Saat ini tulisannya berupa esai, resensi, dan puisi telah dimuat di berbagai media (cetak, dan online) nasional, seperti koran Kompas, Republika, Koran Tempo, dll. Majalah, Tabloid, Jurnal Kampus, dan Agupena (online). Bukunya yang telah terbit, Menyalakan Api Pendidikan Karakter (2016). 99 Api Berlayar (2016). Tuhan dalam Rintik Hujan (2017). Cinta dalam Secangkir Kopi (2017). Di samping itu, ia juga berkiprah sebagai guru agama Islam di SMA Muhammadiyah 11, Rawamangun, Jakarta Timur, dan SMK Muhammadiyah 15, Setiabudi, Jakarta Selatan. Sekretaris Majelis Pendidikan Kader, PCM Rawamangun (2015-2020). Di waktu luangnya, anggota AIS (Arsenal Indonesia Supporter) ini, punya hobi main futsal, Football PlayStation, seni vocal (nyanyi dan qiroah). Email: esug_L2s@yahoo.com. Facebook: Edi Sugianto Sug.
Pengawas Disdik Rejang Lebong, Ketua Bidang Hukum dan Advokasi ASOSIASI GURU PENULIS INDONESIA (AGUPENA)
Penerjemah lepas, penulis lepas, Kepala Sekolah TK Islam, Pengelola Rumah Baca Iqra, CEO FUN Institute.
Pengurus AGUPENA DKI Jakarta
Hamli Syaifullah, lahir di Sumenep-Madura, Jawa Timur. Senang menulis sejak Nyantri di Ponpes Al-Amien Prenduan Sumenep Madura. Kemudian bergabung dengan Agupena DKI Jakarta, demi menjaga semangat untuk menulis. Pendidikan S-1 diselesaikan di UMJ tahun 2013 dan S-2 di STIE AD Jakarta, tahun 2016. Aktivitas saat ini sebagai dosen Manajemen Perbankan Syariah di UMJ. Tulisannya telah menyebar di beberapa koran lokal dan nasional. Juga aktif menulis buku populer dan Buku Biografi. Dan saat ini, aktif Nge-Blog di Strategikeuangan.com
Guru SMA Negeri 3 Semarang dan Sekretaris Umum Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Jawa Tengah
Guru Biologi di SMA Ibnu Hajar Boarding School – Cimanggis, Depok. Penulis juga merupakan Aktivis Sekolah Guru Indonesia (SGI) Dompet Dhuafa yang pernah bertugas sebagai relawan SGI Halmahera Utara (Maluku Utara) ditempatkan di Loloda Kepulauan selama 1 tahun (2014-2015). Beberapa tulisannya pernah dimuat di media cetak maupun media online, seperti Malut Post, Posko Malut, Radar Halmahera, Fajar Malut, Mata Publik, Kantor Berita Pendidikan dan dakwatuna.com. Selain itu, penulis juga memiliki beberapa karya antologi buku yang sudah terbit, diantaranya: Cinta Membaca (Leutika Prio, 2012), Resolusi Hebatku (Leutika Prio, 2012), Perempuanku (Surat Cinta untuk Ibu), (Puput Happy Publishing, 2012), Yang Terabaikan (Nulisbuku.com, terbit Mei 2012), Stories of Tegal Laka-Laka (deKa Publishing, 2012), Tas, Buku dan Sepatu (Penerbit Awan Pustaka, 2012), “Kepada Ayah” (Penerbit Harfeey, 2013), Temani Aku Meniup Mimpi (Sekolah Guru Indonesia, 2015) dan Cinta Seorang Guru (Sekolah Akhlak Publishing, 2015). Selain aktif mengajar, saat ini penulis juga mengelola Komunitas Saung Ilmu KASGI (komunitas taman baca masyarakat). E-mail: kang.amroelz@gmail.com. Blog: www.kang-amrul.com
Lahir di Camba, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Menyelesaikan pendidikan doktor di Universiti Kebangsaan Malaysia. Sekarang ini bertugas di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong, Papua Barat. Sejak 2010 ditugaskan sebagai pelaksana kepala Pusat Penjaminan Mutu STAIN Sorong sampai 2011. Sejak 2012 sebagai Kepala Pusat Penjaminan Mutu STAIN Sorong untuk periode 2012-2016. Kemudian, diangkat kembali untuk periode 2016-2020. November 2016 menjadi bagian Southeast Asia Academic Mobility (SEAAM). Kini, menjadi Pengurus AGUPENA Papua Barat.
Lahir di Mentok, pada bulan Maret. Setamat dari SMA (jurusan Bahasa) melanjutkan studi di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S-1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya Palembang, SumSel. Buku pertama yang telah terbit Mengenal Sastra Melayu Bangka (2011), ditulis bersama Zalfika Ammya (bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka dan Pemkab Bangka). Pada tahun 2013 terbit buku kedua Daya Kisahku berupa kumpulan cerita pendek. Aku Ingin Menari (2013), Mengajar dengan Hati (2014), dan Senyum Membawa Sahabat (2015). Taraa…(2015) kumpulan puisi, Bermain-Main Dengan Doa (2015) sebuah kumpulan cerita pendek, dan merupakan karya duet bersama Dery Nodyanto sebuah kumpulan artikel dengan tajuk: Dua Guru Menulis (2015).
Anggota Agupena asal Kota Baubau, Sulawesi Tenggara
Ketua Cabang Agupena Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Sekretaris I ASOSIASI GURU PENULIS INDONESIA (AGUPENA) Masa Bakti 2016-2021.
Lahir di Tangerang, 28 Agustus 1969 adalah Ketua Umum Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena).
Sekretaris Agupena Wilayah Sulawesi Selatan.
Dosen Universitas Khairun, Ternate, Ketua Agupena Wilayah Maluku Utara
Guru SDN 01 Domiyang-Paninggaran-Pekalongan, Agupena Jawa Tengah
Seorang guru, penyuka musik tradisional, penikmat sastra, dan bloger. Sebagian besar tulisannya dipublikasikan di blog pribadinya sawali.info. Ikut berkiprah di Agupena pada Bidang Pengembangan Profesi. Buku kumpulan cerpen pertamanya, Perempuan Bergaun Putih, diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).
Drs. H. Ahmad Sholeh Dimyathi, MF., MM. (biasa dipanggil Pak Kyai) lahir di Pati, Jawa Tengah, 17 Oktober 1954. Prestasi yang berhasil dicapainya meliputi pemenang utama Lomba Kreativitas Guru (LKG) tingkat nasional tahun 1997, guru teladan tingkat Jakarta Timur tahun 2000, pemenang II Lomba Kreativitas Guru (LKG) tingkat nasional tahun 2001 dan 2002, guru berprestasi dan berdedikasi luar bisa tingkat nasional tahun 2005, kepala sekolah berprestasi nasional tahun 2006, dan pengawas berprestasi terbaik 2 tingkat DKI Jakarta tahun 2014. Dalam kepangkatan sebagai pegawai negeri sipil (PNS) berhasil meraih pangkat pembina utama dengan golongan IV E. Pangkat dan golongan ini bagi PNS yang berkarir dari seorang guru, merupakan prestasi yang sulit dicapai. Pada tahun 2004 ia meraih Satya Lencana Pendidikan Guru Berprestasi dan Berdedikasi dari Menteri Pendidikan Nasional. Saat ini menjadi Dewan Pembina Pengurus Pusat Agupena (Asosiasi Guru Penulis Indonesia).
Yudhi Kurnia, S.T., lahir di Tasikmalaya, 18 Agustus 1983. Kini menjadi Pendidik/Humas SMP Muhammadiyah 8 Bandung
Dosen STAI Ma’arif Jambi-Dosen Luar Biasa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Agupena Jambi
Direktur Perguruan Al-Syukro Universal, Ciputat, Tangerang Selatan, Ketua Agupena DKI Jakarta.
Lahir di Gowa / Maroanging 13 Oktober 1986. Alamat Dusun Dauhe, Desa Darubiah, Kec. Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Penulis merupakan alumni Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jenjang Strata Satu (S-1) PGSD. Mempunyai hobby, menulis, membaca, olahraga, travelling, dan sebagainya. Di samping sebagai guru pada Sekolah Dasar, penulis juga aktif dalam berbagai organisasi profesi. Kritik dan saran sangat diharapkan dan bisa disampaikan lewat akun facebook Tawakkal Thu Alallah atau ponsel/WA di 085255991914. http://tawakkalthualallah.blogspot.com. Kini menjadi Pengurus Agupena Cab. Bulukumba.
Ketua Agupena Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).
Washadi, S.Pd, MM.Pd, seorang Guru dan Penulis, tinggal di Tangerang Selatan, Banten. Tulisan-tulisannya dimuat di berbagai media massa, antologi puisi dan antologi cerpen. Aktif berkegiatan sastra di Komunitas Sastra Indonesia (KSI) Tangsel. Saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dewan Kesenian Tangerang Selatan (DKTS) merangkap Komite Sastra, dan Pengurus Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Wilayah Banten. Kini menjadi Ketua Bidang Humas dan Kerjasama Antar Lembaga AGUPENA.
Praktisi Pendidikan, Guru SMP Bina Insan Mandiri Jawa Timur
Dosen dan peneliti bidang Antropologi Sosial yang menulis 60 buku berbagai genre (Islam, Timur Tengah, biografi, dan motivasi, riset sosial). Beberapa bukunya dikaji sebagai tugas akhir di perguruan tinggi dan didokumentasikan di berbagai perpustakaan di Indonesia, Singapura, dan Australia. Pada tahun 2017, buku yang diinisiasinya "Hidup Damai di Negeri Multikultur" (GPU, 2017) diluncurkan di Kedubes Australia. Ia pernah diundang sebagai narasumber di Kuala Lumpur, Bangkok, beberapa stasiun televisi Indonesia dan MBC Korea. Saat ini, mahasiswa S3 Antropologi FISIP UI ini menjadi Ketua Bidang Usaha dan Jasa Penulisan/Penerbitan Agupena Pusat.
Guru SMA Negeri 1 Maniangpajo/Agupena Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.
Guru SMP Negeri 1 Cilacap-Jawa Tengah, Peneliti Bidang Pendidikan.
Pengurus AGUPENA DKI Jakarta