Lambang Agupena

Lambang AGUPENA adalah Gambar Bola Dunia bergaris 6 (enam) dengan warna biru dengan tulisan AGUPENA berwarna kuning ditengah dan gambar buku terbuka berwarna merah putih serta pena dari bulu ayam dengan gambar sebagai berikut;

Makna Lambang secara garis besar sebagai berikut:

  1. Warna biru melambangkan kedalaman, kepercayaan, kesetiaan, bijaksana, percaya diri, dan kecerdasan. Makna yang terkandung; AGUPENA berarti dapat dipercaya dan bertanggung jawab terhadap semua hasil karya dan pemikiran yang dihasilkan oleh para guru penulis.
  2. Bola dunia melambangkan tempat hidup, tempat berjuang, dan beramal di dunia ini. Makna yang terkandung adalah anggota AGUPENA bertekad mencetak dan mencerdaskan generasi Indonesia yang berilmu pengetahuan kelas dunia dengan mengikuti perkembangan zaman.
  3. 6 (enam) garis melambangkan fleksibelitas (keluwesan). Makna yang terkandung adalah AGUPENA sebagai organisasi yang bersifat keilmuan, profesional, mandiri,terbuka,obyektif,fleksibel dan siap menerima kritik yang konstruktif (membangun)
  4. Buku dan Pena melambangkan keilmuan, terletak pada bagian tengah logo melambangkan inti dari tujuan AGUPENA. Gambar “Pena bulu ayam” diartikan pada zaman dahulu (periode salaf), merupakan Pena para ulama zaman dahulu/salaf. Makna yang terkandung didalamnya adalah anggota AGUPENA bertekat menjadi para pewaris ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu berkarya nyata untuk membangun masa keemasan dan kejayaan INDONESIA.